Leipzig! - Day 1

Moin!

Weehee es tut mir leid baru update. Kemarin Sabtu-Minggu akhirnya aku & Magis berkunjung ke tempat Susi. Siapa itu Susi? Guru les native ku waktu di Jogja. Jadi karena Susi lagi pulang ke Jerman, dan kita udah di Jerman, dan mumpung libur, yaudah main aja kesana wkw. 



Tiketnya aku nitip dibeliin Magis (oiya dia temen dari Jogja, sekarang kulyeah di LUH :3), karena ada tiket Schönes Wochenende dari DB (Deutsche Bahn, PT KAI nya Jerman) cuma EUR 22 untuk 1 orang, dan bebas kemana aja naik Regional Bahn.


Regional tu apasih? Jadi kereta di Jerman tuh dikelola oleh DB kan, nah itu ada beberapa jenis. Ada yang ICE (itu kaya Argo gitu disini) jarak jauh, IC (itu kaya kereta satwa disini, zB Sancaka Taksaka dll) juga jarak jauh, dan ada juga Regional. Regional itu jarak deket kaya Prameks, Alm. Madiun Jaya, dsb. Kenapa naik regio? Soalnya murah. :p Ntar aku bikin post khusus tentang ini santai aja.

Karena Regional means regional jadi dia ga jarak jauh (yo dawg?). Jadi misal aku mau dari Hannover Hbf (Hauptbahnhof, stasiun utama) ke Leipzig Hbf, kalau naik IC/ICE itu bisa langsung, naik Regio gabisa. Jadi aku dari Hannover Hbf ntar ganti kereta di Goslar, ganti lagi di Magdeburg, ganti lagi di Halle, baru akhirnya sampe di Leipzig Hbf. Karena rutenya pendek-pendek gitu jadi kita naik itu untuk menyambung rute kita. Lama? bisa 2 jam lebih lama. Nyaman? Kursinya atos tapi ergonomis. Murah? Jelas. Kalau naik IC/ICE bisa EUR 50 paling murah, sekali jalan :)

Bentuk kereta regional tuh ya kaya Prameks-prameks gitu bukan gerbong-loko dan kepalanya dua, jadi efisien kali ya kalau rutenya pendek bolak-balik. Ini salah satu kereta Regional, namanya Abellio, di Leipzig Hbf.


Oiya, setelah berangkat sabtu jam 8 pagi, sampelah kita di Leipzig Hbf. It has a Proooomenadeee~ 

g e d e  p w o o l

Nah. Terus kita ketemu Susi dan salah satu muridnya Susi yang sekarang Stk di Leipzig. Sie heißt Joan. Terus kita jalan-jalan. Di depan stasiun nyebrang gitu ada Altstadt yang jaaauh lebih luas daripada Hannover.

 Ini Leipzig Hbf yang g e d e  p w o o l. Oiya atanya Net.tv tuh ini salah satu stasiun terbesar di dunia.

Sepanjang Altstadt...



Leipzig itu kota besar di yang dulunya Jerman Timur. Masih banyak bekas kejayaan DDR (Deutsche Demokratische Republik).


Karena hari Sabtu, jadi mayan rame deh. Pada nongky-nongky.

Suasananya, eropa banget kan :3

Setelah itu kita mau makan, niatnya ke Mensa (Kantin) di Uni Leipzig. Oiya Uni Leipzig ini salah satu Uni tertua di dunia loh. Punya laboratorium Psikologi tertua di dunia (thanks Anita infonya) daaan sebagainya. 


Kalau kalian jeli, ada bendera Swedia ya disitu. (pasti ga sadar) itu jadi katanya hari ini Ratu Swedia mau dateng ke Leipzig getooo. Oiya Uni Leipzig juga gabung sama gereja.


Gereja ini baru, pasca PD II karena pas itu di bomb.


Dulunya kaya gini.

Tapi Mensanya tutup :(. Yaudah kita pergi aja ke Völkerschlachtdenkmal (baca: Vol kers slah denk mal) wkwk. Itu Monumen Perjuangan Bangsa gitu, kaya Monjali. 


Ini dia. Cuacanya dingin + berangin pas itu brrr. Oiya itu ada danau, katanya simbol tumpah darah gitu (cmiiw). A bit more close up.




Tiket masuk EUR 8 tapi student bisa dapet Ermäßigung (diskon) jadi EUR 6 tapi karena aku lupa bawa ID Student jadi ga dapet potongan. ... Life Lesson: bawalah selalu ID Student!

Kemudian kita masuk. Isinya patung-patung.



Ada 4 patung di pojokan itu kaya di gambar. Masing-masing melambangkan kekuatan rakyat, regenerasi, keberanian, dan pengorbanan. (thanks a lot Joan sebagai sumber cerita sejarahnya!)

Lalu kita bisa ke atasnya yaaay. Ada 2 tingkat, yang tengah di pinggirannya gitu.



Dan satunya lagi di atasnya.



Kita bisa lihat Leipzig dari sini.


a lil bit selfie won't hurt ya baby


Dan ada bangunan unik, kaya gereja/kastil gitu, ternyata itu k r e m a t o r i u m. OH TERNYATA itu makam juga /barusan googling. Namanya Südfriedhof.

Setelah itu kita laper terus diajakin ke toko Döner (bukan kebab :p). Porsi gede pol. Terus kita lewat sedikit bangunan tua gitu di kota. Uw.








Cool, aren't they?

Lalu kita nongky di Moritzbastei. Cafe super cozy, gaul, kekinian, daaan e n a :') Konsepnya azik. Bangunan tua gitu njuk sedikit direstorasi.





Karena ich habe gar keine Idee, hat Joan mir vorgeschlagen, dass ich heiße Kakao und Sahne probieren solle. Hot cocoa and cream! Lecker!!!



Ini 3 Eur. Tapi hmmmmm ena ena ena untuk menemani ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon.

Setelah itu kita nemu photobox terus foto. TERNYATA hitam putih, dan gelap, dan sempit, pol. 2 EUR iuran 50 cent terus fotonya 4x masing-masing dapet 1 :3



Okay abis itu kita udah capek, Joan mau nugas, dan Susi mau pulang. Aku & Magis nginep di tempat Pandu (jebul e wong jogja ndes) yang kuliah di Uni Leipzig. 

Danke sehr Susi und Joan yang udah jadi guide di Leipzig dan sumber cerita ini itu dan udah nyariin tempat nginep wkwk.

Bersambung Day 2 :p

You Might Also Like

0 comments